Kesehatan Fisik

Tips Menjaga Bakteri Baik di Dalam Usus

Di dalam tubuh kita, ada setidaknya 100 triliun bakteri yang tinggal loh. Bakteri itu menyebar serta berada di permukaan kulit, hidung, dan juga dalam mulut.

Tetapi, kebanyakan bakteri tersebut tinggal di system pencernaan termasu usus. Berbagai bakteri baik yang ada di dalam usus manusia seta berfungsi untuk membantu pencernaan serta metabolisme tubuh.

Bukan Cuma baik untuk kesehatan pencernaan namun bakteri baik juga bisa mencegah penyakit jantung loh. Bakteri baik juga memiliki fungsi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, membantu perkembangan kesehatan mental dan kognitif anak, dan bisa membantu menurunkan berat badan kalian.

Para ahli juga menyebutkan perut sebagai otak kedua dari manusia karena mempunyai bakteri di dalamnya. Lalu, bagaimana sih cara menjaga bakteri baik ini? Yuk simak di bawah.

1.Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah salah satu mikroorganisme yang bisa membantu menjaga jumlah bakteri baik serta menyeimbangkan jumlah bakter buruk di dalam tubuh.

Probiotik sendiri ada 2 jenis yaitu Lactobacillus dan Bifidobacterium. Mereka ada di berbagai makanan dan minuman.

2.Kurangi Konsumsi Gula dan Makanan Olahan

Gula adalah salah satu jenis karbohidrat yang sederhana yang sangat mudah untuk di cerna oleh tubuh serta terdiri dari glukosa dan fruktosa.

Saat gula terlalu banyak masuk ke tubuh, maka mereka akan langsung di serap serta tak akan butuh bantuan bakteri baik untuk mencernanya.

Sehingga bakteri baik tak akan mendapatkan makanan dan membuat mereka kelaparan. Bakteri yang lapar tersebut akan menggerogoti lapisan lendir dinding – dinding usus.

Padahal, lapisan lendir yang ada di usus memiliki peran untuk menjadi pelindung usus dan kalau rusak maka akan terjadi peradangan pada usus.

3.Batasi Antibiotik

Antibiotic adalah musuh dari bakteri yang ada di dalam tubuh. Bukan Cuma bakteri yang tak baik yang di lawan oleh antibiotic namun bakteri baik juga terkena dampaknya.

Di dalam sebuah penelitian juga di sebutkan kalau orang yang mengonsumsi antibiotic dalam waktu lama dengan dosis banyak akan mengurangi jumlah dan jenis bakteri baik dalam usus.

4.Tidak Stress

Saat kalian stress, maka tubuh akan mengeluarkan berbagai jenis hormone untuk merespons stress yang terjadi, misalnya dengan meningkatkan adrenalin serta system imun mengeluarkan sitokin yang merupakan zat untuk menangani peradangan.

5.Makan Lebih Banyak Sayuran, Buah, dan Serat

Mengonsumsi sayuran serta buah – buahan bisa memperbanyak jenis bakteri baik di dalam usus. Berbeda dengan gula, serat sangat butuh bakteri baik untuk mencernanya dan supaya bisa di serap oleh tubuh.

Serat tersebut di sebut sebagai sumber makanan yang di perlukan oleh bakteri baik karena proses pencernaannya tak gampang.

Itulah berbagai cara untuk menjaga bakteri baik di usus. Semoga bermanfaat.

Komentar Dinonaktifkan pada Tips Menjaga Bakteri Baik di Dalam Usus